1 : Manajemen biaya dan Manajemen Rantai Nilai

Konsep Dasar

Manajer Keuangan disetiap UKM ( Unit Satuan Kerja) berperan dalam pengembangan strategi keseluruhan UKM dengan mempertimbangkan penggunaan sumber daya alternatif, dengan mengukur efek yang diharapkan dari tiap alternatif sehingga menjadi "pemimpin perubahan,".

Analisa Kompetensi

Manajer Keuangan disetiap UKM berkompeten membantu UKM untuk menjangkau tujuan mereka dan secara proaktif memanage biaya-biaya dibandingkan hanya dengan pasif mengukur biaya-biayanya. Menerapkan benchmarking, analisa cost-benefit, dan analisa rantai nilai untuk mempertimbangkan dan mengevaluasi perubahan pada suatu rantai nilai UKM, serta secara efektif menerapkan dan mengatur perubahan dengan mengikuti Standard Etika bagi manajemen akuntansi.

Kontribusi terhadap Ketahanan Ekonomi Desa

A.Para Manajer Keuangan disetiap UKM adalah anggota dari team manajemen yang mempunyai tanggung jawab untuk memanage sumber daya keuangan. Kepala Bagian Keuangan chief financial officer ( CFO) adalah puncak Manajer Keuangan disetiap UKM. Orang ini pada umumnya mempunyai suatu latar belakang bidang pendidikan akuntansi atau keuangan dan mungkin bersertifikat sebagai akuntan public terdaftar certified public accountant ( CPA), Manajer Keuangan yang bersertifikat certified financial manager ( CFM), atau akuntan manajemen bersertifikat certified management accountant ( CMA). Manajemen biaya ditingkatkan oleh suatu pendekatan team.

B.Manajemen biaya yang baik muncul manakala pandangan para Manajer Keuangan itu sebagai filosofi. Para Manajer Keuangan disetiap UKM harus mempunyai suatu sikap proaktif dan harus memiliki atau memperoleh satu set teknik yang dapat dipercaya untuk membantu mereka dalam menerapkan dan mengatur perubahan didalam UKM mereka..

C.Menyumbang delapan keputusan manajemen yang sangat luas diperlukan dalam gelanggang manajemen biaya.

(1)Mengidentifikasi kebutuhan untuk perubahan.

(2)Menciptakan team untuk memimpin dan mengatur perubahan.

(3)Menciptakan visi strategi dan perubahan untuk menuju keberhasilan visi.

(4)Komunikasi strategi dan visi untuk perubahan dan team perubahan bertindak sebagai model peran.

(5)Mendorong inovasi dan memindahkan rintangan perubahan.

(6)Memastikan prestasi jangka pendek yang jelas nyata dan sering.

(7)Menggunakan sukses untuk menciptakan peluang dalam meningkatkan keseluruhan UKM.

(8)Menguatkan kultur yang lebih meningkat, kepemimpinan lebih baik, manajemen yang lebih efektif.

DMemilih strategi jangka panjang UKM.

EMendefinisikan skala UKM dan lingkup operasi. denganpenggunaan pendekatan " rantai nilai".

FMerencanakan dan mengorganisir penggunaan sumber daya yang efisien. Sekali lingkup dan skala telah dengan jelas digambarkan, team manajemen dapat memutuskan bagaimana cara memenuhi tujuan dari UKM.

G Pelaksanaan perubahan rencana dan keputusan. Ada delapan-langkah pemrosesan yang dapat digunakan untuk mensukseskan penerapan rencana dan perubahan.

Etika pelaksanaan operasi seseorang didalam bidang apapun terutamanya dalam bidang akuntansi dianggap sebagai sangat penting, kontribusi konsultan keuangan lokal perlu ditingkatkan untuk memenuhi tuntutan masyarakat.

Rujukan :

Strategies for Business DecisionsCost Management Strategies for Business Decisions (Second Edition) by Maher, Selto. Hilton (Hardcover – 2003)

Pos ini dipublikasikan di Konsep Manajer Keuangan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke 1 : Manajemen biaya dan Manajemen Rantai Nilai

  1. iwan.kustiawan berkata:

    management biaya sangatlah penting untuk memeneg saat kapan penggunaan biaya harus dialokasikan dengan prinsip efektif dan efesien namun akan terasa berat tatkala kondisi keuangan suatu perusaan dalam kondisi yang tidak stabil dimana apa yang telah dibugetkan tidak sesuai dengan keuangan yang ada (real),akan tetapi bila dilihat dari delapan keputusan manager tersebut akan dapat sangat membantu untuk mengambil langkah-langkah yang sifatnya jangka pendek atau jangka panjang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s