8 : Estimasi Biaya

Konsep Dasar

Manajer Keuangan disetiap UKM menjelaskan mengapa satu UKM harus memperkirakan biaya, pola biaya apa yang ada didalam UKM yang berbeda, apakah analisa regresi berganda, apakah analisa account, persamaan dan perbedaan satu sama lain, menyusun metoda rancang-bangun penilaian biaya, dan bagaimana penggunaannya, menggunakan estimasi biaya untuk meramalkan profitabilitas dimasa datang, bereaksi berdasarkan penilaian biaya mengantisipasi keuntungan yang nampak sepertitidak optimal.

Analisa Kompetensi

Manajer Keuangan disetiap UKM berkompeten dalam menjelaskan mengapa perusahaan harus menaksir hubungan antara biaya-biaya dan pengarah biaya (cost drivers), membuat grafik pola biaya tetap, biaya step (semi-variabel), dan variabel, menerangkan kurva pembelajaran, dan membuat grafik pola biaya jika suatu kurva pembelajaran dilibatkan, menggunakan regresi sederhana dan multiple regresi untuk penilaian usulan biaya, menganalisa keuntungan dan kerugian-kerugian dari analisa account dibandingkan denganmultiple regresi untuk perkiraan biaya, menggunakan metoda rancang-bangun dari analisa biaya, dan membandingkan dengan regresi dan analisa account, selanjutnya mengidentifikasi potensi permasalahan statistik dengan analisis regresi.

Kontribusi terhadap Ketahanan Ekonomi Desa

A. Estimasi biaya adalah proses menaksir hubungan antara biaya-biaya dan pengarah biaya yang menyebabkannya. Beberapa biaya-biaya secara langsung dihubungkan dengan suatu aktivitas dan dapat diperkirakan didasarkan pada aktivitas itu. Biaya-Biaya lain secara tidak langsung dihubungkan dengan suatu aktivitas dan tidakmudah untuk diramalkan sebab tidak langsung. Ini adalah satu tantangan bagi para Manajer Keuangan disetiap UKM harus mengerti tentang penaksiran biaya-biaya. Tantangan lainnya ada sebab pembelanjaan dan biaya-biaya tidak selalu terjadi pada waktu yang sama. Tujuan utama penilaian biaya adalah mengatur biaya-biaya, pembuatan keputusan, dan untuk merencanakan dan menetapkan standard.

B. Ada tiga pertimbangan mengapa didalam UKM satu perkiraan anggaran adalah keharusan. Penilaian harga digunakan untuk ( 1) mengatur biaya-biaya, ( 2) membuat keputusan, dan ( 3) merencanakan dan menetapkan standard.

C. Aplikasi dunia nyata dalam penilaian biaya dapat dilukiskan sebagai ungkapan linier sederhana. Bagaimanapun, suatu ungkapan yang lebih realistis mempertimbangkan berbagai pengarah biaya dan perilaku biaya kompleks. Sebagaimana biasa, para Manajer Keuangan harus menimbang biaya-biaya dan keuntungan-keuntungan dengan menggunakan suatu metoda penilaian yang lebih rumit.

D. Para Manajer Keuangan disetiap UKM harus menentang segala godaan untuk memanipulasi penilaian biaya untuk keuntungan pribadi mereka. Statistik dapat saja digunakan tidak sesuai untuk mendukung keputusan seseorang, manakala keputusan mungkin adalah suatu yang berbeda.

E. Para Manajer Keuangan harus memilih metoda atau metoda penilaian yang terbaik untuk UKM mereka. Regresi adalah paling murah dan mungkin yang paling mudah dalam pengumpulan data untuk. Para Manajer Keuangan yang ingin lebih terperinci, informasi insightful perlu mempertimbangkan analisa account atau metoda rancang-bangun. Kenyataan praktis adalah bahwa biaya prosedur penilaian, seperti halnya sumber daya manusia memerlukan pengembangan, penerapan, dan memelihara model penilaian mungkin adalah suatu faktor pendorong pemilihan metoda.

F. Catatan tambahan menyediakan suatu analisa dari alat regresi. Kepercayaan didalam koefisien disajikan denganmenghitung t-statistic. " t" adalah nilai " b" yang dibagi oleh standard deviasinya ( SE). Kesalahan standard b adalah suatu ukuran ketidak-pastian dari " b". Semakin besar SE, semakin besar dispersi b dan semakin tidak-pasti tentang nilainya.

Rujukan :

Strategies for Business DecisionsCost Management Strategies for Business Decisions (Second Edition) by Maher, Selto. Hilton (Hardcover – 2003)

Pos ini dipublikasikan di Konsep Manajer Keuangan. Tandai permalink.

5 Balasan ke 8 : Estimasi Biaya

  1. hamalan berkata:

    saya ingin mencari probabilitas di estimasi biaya khususnya membicarakan tentang konsep dasar probabilitas di estimasi biaya dan variabel resiko dan ketidakpastian, terima kasih atas jawabannya

  2. Chabelita berkata:

    NICE POSTING…

    Pastikan anda mengkalkulasi (estimasi) biaya proyek yang anda garap dengan cermat dan teliti, supaya anda tidak menanggung kerugian.

    Pakailah Software Kalkulasi yang cocok, akurat, efisien dan kompeten dengan bisnis anda untuk mengkalkulasi nilai proyek.

    Software Kalkulasi Proyek

  3. mark van archtur berkata:

    bagaimana membuat net work planing untuk waktu kerja 160hari

  4. Dian Ramadhani berkata:

    penjelasan ini kurang lengkap >>>

  5. juni sitompul berkata:

    metode sprti ap yg shrusnya yg pling baik yg dpakai oleh seorg manajer keuangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s