2. Misi Bisnis Pedesaan

Konsep Dasar

Perencana Strategis merumuskan tujuan. Ingin Menjadi Apakah Kita ? Pernyataan misi menjawab pertanyaan :" Apa bisnis kita?" Pernyataan visi menjawab pertanyaan:" Kita ingin menjadi apa?"Banyak UKM harus mengembangkan keduanya. Visi bersama dapat memotivasi karyawan., Mengembangkan minat umum yang samaMembantu memusatkan pada kesempatan & tantangan.



Analisa Kompetensi

Perencana Strategis berkompeten dalam Proses Pembuatan Pernyataan Misi : Misi yang jelas diperlukan sebelum strategi alternatif dapat dirumuskan dan diterapkan. Penting untuk mempunyai jangkauan keikutsertaan seluas mungkin antar para manajer didalam mengembangkan visi

Kontribusi terhadap Organisasi

Dengan Karakteristik Pernyataan Misi menurutVern Mcginnis, maka perencana strategis berkontribusi terhadaporganisasi UKM dengan cara : Menggambarkan organisasi UKM nya apa. Menggambarkan aspirasi keinginan organisasi UKM . Dibatasi pada meniadakan beberapa spekulasi. Cukup luas untuk memungkinkan pertumbuhan kreatif. Kekhasan UKM dari semua yang lain. Bertindak sebagai kerangka untuk mengevaluasi aktivitas sekarang yang Dinyatakan dengan jelas sedemikian sehingga mudah dipahami secara keseluruhan

Perencana Strategis berkontribusi dalam Pernyataan Sikap : berupa misi yang efektif yang mempunyai karakteristik : Luas didalam lingkup. Menghasilkan cakupan dari alternatif strategis mungkin. Tidak terlalu spesifik. Menyatukan minat antar stakeholders berbeda . Dengan sempurna menyeimbangkan antar ketegasan & keadaan umum. Membangunkan perasaan dan emosi positif .Memotivasi pembaca kedalam tindakan. Menghasilkan kesan pasti sukses, mempunyai arah, dan penghargaan terhadap waktu, pendukungan, dan investasi. Mencerminkan pertimbangan perihal: masa depan pertumbuhan. Menyediakan ukuran-ukuran untuk pemilihan strategi. Basis untuk membangiktkan& menyaring pilihan strategis. Dinamis didalam orientasi.

Perencana Strategis berkontribusi dalam menjelaskan Orientasi pelanggan. DenganPernyataan Misi yang baik mencerminkan antisipasi pelanggan. Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan. Menyediakan produk/jasa untuk mencukupi kebutuhan . Contoh Misi AT&T’s memusat pada komunikasi, bukan telepon. Misi Exxon’s memusat pada energi, bukan pada minyak dan gas.

Perencana Strategis berkontribusi dalam pembuatan Pernyataan Kebijakan Sosial & Misi . Pemikiran dan filosofi Managerial di tingkat yang paling tinggi didalam organisasi UKM mencerminkan kebijakan sosial. Sehingga mempengaruhi pengembangan visi& misi serta bertanggung-jawab kepada konsumen, pemerhati lingkungan, minoritas, masyarakat, & kelompok lain Kebijakan sosial harus terintegrasi dalam semua aktivitas manajemen strategis. Pernyataan misi adalah suatu instrumen efektif untuk menyampaikan tanggung jawab sosial dari UKM.

Komponen Pernyataan misi bervariasi didalam : Panjangnya, Isi, Format, Ketegasan.Harus meliputi 9 unsur-unsur, sebagai pernyataan misi adalah proses yang paling publik dan bagian yang kelihatan darimanajemen-strategis. Pelanggan, Jasa atau Produk, Pasar, Teknologi, Daya Hidup, pertumbuhan, dan profitabilitas, Filosofi, Mengkonsep dengan sendirinya, Berhubungan dengan gambaran publik, Berhubungan dengan karyawan

Dalam Menulis dan Mengevaluasi Pernyataan Misi terdapat Komponen misi dan pertanyaan bersesuaian untuk dijawab maka disinilah kontribusi Perencana Strategis dalam hal : Pelanggan: : " Siapa pelanggan UKM ?" Jasa atau Produk : " Apakah jasa atau produk utama UKM ?"Pasar : " Secara geografis, di mana UKM bersaing?" Teknologi:" Apakah UKMmengikuti perkembangan teknologi?" Berhubungan dengan untuk daya hidup, pertumbuhan, dan profitabilitas: *"Apakah UKMterikat dengan pertumbuhan dan kesehatan keuangan?"Filosofi: "Apakah kepercayaan dasar, nilai-nilai, cita-cita, dan prioritas etis BUUD / KUD?" Self-Concept: "Apa yang merupakan kemampuan khas UKMatau keunggulan daya saing yang utama?" Berhubungan dengan gambaran publik: " Apakah UKM bertanggung jawab pada sosial, masyarakat, dan perhatian lingkungan?" Berhubungan dengan karyawan: "Apakah karyawan adalah asset yang berharga bagi UKM ?"

Pos ini dipublikasikan di Strategis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s