Penurunan Inflasi Peningkatan Permintaan Properti

Didalam model 4Q ini bisa dianalisa bahwa kenaikan permintaan dari D0 menjadi D1dengan kwantitas yang sama Q* maka sewa meningkat dari R* ke R1 harga asset meningkat dari P* ke P1 mendorong pembangunan konstruksi baru sehingga terjadi penambahan penawaran ruang yang meningkatkan persediaan ruang yang menimbulkan peningkatan penawaran ruang sehingga menurunkan sewa lagi. 

 4q-demand.jpg

Diagram 4-Kuadran Dipasquale-Wheaton padapeningkatan permintaan[1] 

Kemudian kebutuhan peningkatan ruang masih baru dipenuhi dengan peningkatan persediaan ruang diumpamakan dari Q* ke Q** yang dipenuhi dalam pembangunan konstruksi dari C* menjadi C** maka sewa yang meningkat menjadi R1 turun menjadi R** dan harga produk real estate turun dari P1 menjadi P**. Hal ini dapat mengungkapkan tentang interaksi daripasar ruang, pasar asset, dan industri pengembangan didalam yang menyebabkan siklus ” kenaikan harga tiba-tiba & membubungnya harga, kemudian turun lagi” .



[1] Geltner, David , ” The Real Estate System”, MIT Center for Real Estate,2005

Pos ini dipublikasikan di Ekonomi Makro. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Penurunan Inflasi Peningkatan Permintaan Properti

  1. Memang benar secara matematis terdapat korelasi yang menghubungkan antara demand for properti dengan harga sewa. Tetapi hubungan linear semacam ini dalam realitas masih harus dipertimbangkan dengan adanya sifat dasar dan karakter aset properti yaitu “location specific asset”.
    Maksudnya harga rent ruang properti masih ditentukan oleh kualitas lingkungan sekitar asset yang akan disewakan, rata-rata harga sewa dari areal properti tersebut within radius 1 sd 3 blok areas dan fasilitas umum yang ada di property tersebut. Sehingga land rent di satu lokasi akhirnya ditentukan oleh pola clustered property ada ada di satu wilayah. Semakin menjauhi pusat bisnis harganya akan semakin jatuh.
    Adit Chandra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s