3. Proses Pertukaran

Kode Etik AMA

Hak dan Kewajiban Pihak-pihak dalam Proses Pertukaran Pemasaran

Pihak-pihak yang terlibat dalam proses pertukaran pemasaran harus dapat berharap agar:

1.Barang dan jasa yang ditawarkan aman dan sesuai dengan kegunaan yang mereka inginkan.

2.Komunikasi tentang barang dan jasa yang ditawarkan tidak menipu.

3.Semua pihak bermaksud untuk memenuhi kewajiban mereka, baik itu finansial maupun yang lainnya, dengan niat baik; dan

4.Metode internal yang memadai tersedia bagi penyesuaian dan/atau kompensasi yang wajar atas keluhan mengenai pembelian.

dibandingkan dengan : UU no.8/1999



Pasal 9

(1)Pelaku usaha dilarang menawarkan, mempromosikan, mengiklankan suatu barang dan/atau jasa secara tidak benar, dan/atau seolah-olah:

A.Barang tersebut telah memenuhi dan/atau memiliki potongan harga, harga khusus, standar mutu tertentu, gaya atau mode lertentu. karakteristik tertentu, sejarah atau guna tertentu;

B.Barang tersebut dalam keadaan baik dan/atau baru;

C.Barang dan/atau jasa tersebut telah mendapatkan dan/atau memiliki sponsor, persetujuan, perlengkapan tertentu, keuntu.ngan tertentu, ciri-ciri kerja, atau aksesori tertentu;

D.Barang dan/atau jasa tersebut dibuat oleh perusahaan yang mempunyai sponsor, persetujuan atau afiliasi;

E.Barang dan/atau jasa tersebut tersedia;

F.Barangtersebuttidakmengandungcacattersembunyi;

G.Barang tersebut merupakan kelengkapan dari barang tertentu;

H.Barang tersebut berasal dari daerah tertentu;

I.Secara langsung alau tidak langsung merendahkan barang dan/atau jasa lain;

J.Mengglinakan kala-kata yang berlebihan, seperti aman, tidak berbahaya, tidak mengandung risiko, atau efek sampingan tanpa keterangan yang lengkap;

K.Menawarkan sesuatu yang mengandung janji yang belum pasti.

(2).Barang dan/atau jasa sebagaimana dimak.sud pada ayat (1) dilarang untuk

diperdagangkan.

(3).Pelaku usaha yang melakukan pelanggaran terhadap ayat (1) dilarang melanjutkan

penawaran, promosi, dan pengikianan barang dan/atau jasa tersebut

Pasal 10

Pelaku usaha dalam menawarkan barang jasayangditujukanuntukdiperdagangkan dilarang menawarkan, mempromosikan, mengiklankan atau membuat pernyataan yang tidak benar atau menyesatkan mengenai:

a.Harga atau tarif suatu barang dan/atau jasa:

b.Kegunaan suatu barang dan/atau jasa:

c.Kondisi, tanggungan, jaminan, hak atau ganti rugi atas suatu barang dan/atau jasa;

d.Tawaranpotonganharga atau hadiah menarikyang ditawarkan;

Bahaya penggunaan barang dan/atau jasa.

Pos ini dipublikasikan di Kode Etik AMA vs UU no.8/1999. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s