1. Pendahuluan Derivative

Derivative security adalah suatu kontrak keuangan dimana nilainya diperoleh berdasarkan suatu asset.Contoh:Suatu nilai saham option tergantung atas nilai dari suatu sahamtertulis diatas option tesebut. Suatu nilai kontrak futures emas tergantung pada harga spot emas tsb ( harga untuk pembelian ” sekarang” ). Contoh dan PenggunaanFutures dan option distandardisasi. Diperdagangkan dalam bursa terorganisir sedangkan Forward dan swap lebih disesuaikan. Diperdagangkan dalam pasar antar-bank OTC. Derivative ini digunakan untuk hedging (pengurangan-reriko) dan/atau spekulasi (perdagangan dengan resiko tinggi ).

Kontrak forward

Satu forward adalah suatu persetujuan antara seorang pembeli (“long”) dan seorang penjual (” short”) untuk diperdagangkan dalam : suatu kwantitas yang ditetapkan dari suatu asset, pada suatu harga yang ditetapkan ( harga forward/delivery ), pada suatu waktu yang ditetapkan ( tanggalmaturity/delivery ) dan tempat. Contoh: Membeli 25oz emas pada $ 300/oz dalam 3 bulan, dapat diformalisasi Forwardnya dengan asumsi kontrak forward tersebut berlangsung dari waktu mulai t hingga waktu penyerahan T dengan harga forward K yang sudah ditetapkan diatas , maka penyederhanaannya adalah sbb:

Formalisasi Forwardswaktu

.

.

.

.

.

Pembeli = Long ( mengambil penyerahanasset dan membayar K)

Penjual = Short ( mengirimkan asset dan menerima K)

S(T)= Waktu Spot T

K= Harga penyerahan

Nilai dari Forward Long pada Emas saat Penyerahan

spot

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Kontrak Futures

Forwards dan futures adalah serupa : keduanya dapat dinyatakan sebagai” kontrak sekarang, transaksi kemudian.” Tetapi tidak seperti Forwards, futures sudah mengalami perubahan berupa : distandardkan sesuai standard spot, mengikuti peraturan, diperdagangkan-dibursa, ditetapkan melalui clearing house (suatu tempat transaksi Clearing House), kerugian dan keuntungan sehari-hari disampaikan ( penyelesaian sehari-hari). Contoh: Kontrak Futures EmasFutures emas diperdagangkan di CBOT . 100 troy oz. Per kontrak, Ukuran Tick 10 sen, batas harga harian $ 50 per oz., Berlangsung hingga hari ke 4 pada hari bisnis di bulan penyerahan, Jam perdagangan yang distandardisasi, bulan kontrak, nilai yang bisa dikirimkan, dan tempat penyerahan.

Proses Penyerahan Futures

Short ( penjual) dapat memulai proses penyerahan:, Hari 1 ( Hari Posisi) Perantara short memberitahu Dewan Perdagangan Clearing Corp., Hari 2 ( Hari Pencatatan) Dewan bertemu penjual dengan posisi long paling tua., Hari 3 (Hari Penyerahan) Perantara pembeli memberi cek, mendapatkan uang masuk kepemilikan. Tetapi kebanyakan futures adalah diobral atau cash-settled dengan suatu perdagangan offset

Fungsi Tempat transaksi Clearing House clearing house

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Margin dan Penyelesaian

Harga penyelesaian ditetapkan pada hari akhir digunakan untuk mark-to-market satu kontrak futures. Suatu rekening margin dibuka untuk perdagangan futures.Margin Awal diperlukan sebagai surat berhargapenyimpanan untuk membuka posisi futures. Rekening margin disesuaikan sehari-hari dengan keuntungan/kerugian. Jika neraca di bawah margin pemeliharaan, harus diataskan. Contoh: Futures Emas : Hari 1 harga futures$ 365/oz. Ukuran 100 oz. Margin awal $ 2,000.Margin pemeliharaan ( ditetapkan pada 75%) adalah $ 1,500, Hari 2: Harga Futures jatuh pada $ 362.Margin Long : $ 1,700= $ 2,000- $ 300. rekening margin short dihargai $ 300. Hari 3 Harga Futures jatuh pada $ 359. Margin Long: $ 1,400. Sampai pada $ 600.

Peraturan :

Komisi Perdagangan Komoditas Futures mengatur futures. Untuk kontrak baru, diminta ( a)Adalah melayani manfaat fungsi sosial, diuji dengan pertanyaan : Dapatkah hedgers menggunakannya sbg pengurangan resiko? Dapatkah membantu penemuan harga ? (b) Dapatkah dimanipulasi? Contoh: Corner the market (memegang lebih pada long futures dibanding persediaan yg bisa dikirimkan) dan squeeze the shorts ( membuat short membayar dengan berat untuk menutupnya).

Technorati Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pos ini dipublikasikan di Derivative. Tandai permalink.

2 Balasan ke 1. Pendahuluan Derivative

  1. rahmi berkata:

    saya ingin tahu lebih banyak mengenai eksposur dan bagaimana memilih alternatif yang ada? lebih menguntungkan mana, antara menggunakan forward, future, option? terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s