Strategi Dua Perusahaan China

Sebuah Cerita tentang dua perusahaan.

I . Pendahuluan

Setiap perusahaan baik besar maupun kecil setelah survive dengan memproduksi barang pasti akan menghadapi suatu fakta global yang tidak bisa dihindari walaupun misalnya perusahaan itu kecil dan tidak mengeksport suatu barang namun dia menghadapi persaingan frontal dihadapan pasarnya oleh barang-barang produksi perusahaan multinasional atau imbas dari keberadaan perusahaan multi nasional yang merupakan bagian dari bisnis internasional. Dalam hal perusahaan asing multinasional di negara berkembang adalah sebaliknya bisnis tersebut akan menghadapi problem-problem yang berkaitan dengan pemerintah pusat dan lokal , namun tetap saja negara berkembang menjanjikan pasar yang sangat raksasa.


Oleh sebab itu perusahaan tersebut harus menghadapi suatu tantangan besar yaitu :

1. Tenaga Perubahan yang semakin cepat dan mendesak

2. Konfrontasi para manajernya menghadapi perubahan tsb.

Manajer yang sehari-hari berkecimpung dalam strategi perusahaan , struktur organisasi, lingkungan pabrik, manajemen material, marketing, R&D, HRD, finance, dan akuntansi, apabila harus bekerja di negara lain mau-tidak mau terdesak oleh policy di negara yang ditempatinya akibat dari kebijakan ekonomi, politik, dan kebudayaan negara tersebut.

Pada bidang tertentu seperti Pertambangan dan perusahaan pembuat mesin foto-copy disuatu negara Tirai Bambu menghadapi kebijakan dan perilaku bisnis di negara tersebut seperti Guanxi, bisa menjanjikan kemungkinan yang 50:50 untuk sukses atau gagal.

Hasil dari semua peristiwa ini :

Pasar global yang semakin kompetitif. Perusahaan yang paling efisien yang paling sukses. Perusahaan – perusahaan yang merasa dirinya raksasa dalam lindungan proteksi dan kemudahan dari kebijakan politik bahkan dumping dan janji extravagansa mendapati dirinya tidak lebih dari penikmat fasilitas dengan biaya tinggi yang tidak lebih bagus dari perusahaan kecil lainnya yang sukses tanpa proteksi.

A. WESTERN ENERGY INTERNATIONAL

Sebuah perusahaan minyak Western Energy Inc. menjalankan bisnis di hampir 100 negara dengan tenaga kerja sebanyak 78.000 orang di seluruh dunia mempunyai penjualan tahunan sekitar $ 10 juta di tahun 1980an dan awal 1990. WEI termasuk 10 perusahaan TOP di Amerika, dengan bidang usaha raksasa petroleum (minyak dan gas) , bisnis kimia yang sedang tumbuh, bisnis explorasi batu-bara, dan bisnis eceran skala nasional di Amerika.

Strategy produksi luar negerinya dengan membuat fsilitas di Argentina, Bolivia, Equador, Malaysia, Pakistan, Philipina, Syria, dan Laut Utara Inggris, seperti juga dia masuk di China 1980.

Pengalamannya memimpin WEI selama 25 tahun termasuk suksesnya, bekerjasama dengan Rusia selama perang dunia II di tahun 1930an dan memasok kebutuhan Rusia, membuat dia terkenal di Blok Negara Timur .

Dan ketika negara Tirai Bambu menjalankan politik “Pintu Terbuka” , China mati-matian membuktikan investasi asing mendapatkan layanan yang baik. Segera saja Arnold Tanner menjadi kandidat untuk menjembatani jurang antara blok barat dan blok timur, dan dengan gayanya yang high-profil dan persahabatannya dengan Deng Xiao Ping , Alfred Tanner secara antusias menyambut peluang tersebut dengan asumsinya akan sangat mudah untuk WEI menekan pasar di China, dan selanjutnya dapat masuk ke pasar Global tentunya dengan biaya produksi yang murah, memimpin perusahaan Amerika masuk ke China.

Politik dan Tambang Batu bara Taibao

Langkah awal China dalam bisnis Internasional berupa politik “Pintu Terbuka” di akhir 1970an dengan pengembangan sektor energi untuk mendukung perkembangan industri, merupakan prioritas utama pemerintah China.

China mempunyai deposit batu-bara raksasa sekitar 900 juta ton,dan untuk menghabiskan cadangan ini bersama Soviet dan Amerika dibutuhkan waktu sekitar 2000 tahun. Keterbatasan teknologi dibalik cadangan raksasa, telah memusingkan China pada tahun 1980an, dan pada tahun itu pula China membuka pelelangan mencari partner internasional ; peserta yang hadir anatara lain : tiga dari USA, dua dari Jerman, satu Perancis, Jepang dan United Kingdom. Tidak mengherankan pula apabila Arnold Tanner adalah pemenangnya. Tidak seperti Jepang, Negara Eropa dan Inggris yang sudah bekerja sama sejak lama, Amerika baru masuk tahun 1973, inipun akibat politik Amerika sendiri, segera saja selanjutnya Arnold Tanner mengembangkan relasi GUANXI dengan pemimpin-pemimpin China, khususnya Deng Xioaping

Perekonomian Join Venture Taibao

Dengan memenangkan tender, WEI menjadi partner bisnis 50:50 join venture dengan nama Taibao Mine Group pada th 1982. Sebuah kontrak 30 tahun yang bisa diperbarui di tanda-tangani. Partner China termasuk konsorsium organisasi China di pimpin oleh China National Coal capital endowment. 700 juta dolar capital endowment Ventura dengan masing-masing kontribusi$200 juta WEI dan sisanya $300 juta sindikasi 39 bank internasional, pada kapasitas penuh 12 juta ton per tahun, mempekerjakan 3000 pekerja, 20 sampai 30 pekerja dari WEI.

Perjanjian awal selama 1980-1982 , WEI bertanggung jawab atas selera China dengan sejumlah janji extravagansa, dari skala pertambangan sampai gaji pekerja-pekerja China, sampai pada jumlah batu-bara yang dapat dieksport. Disetujui 75 persen dari total output dapat dieksport, yang selanjutnya disebut “Prinsip Umum”, yang untuk selanjutnya perjanjian-perjanjian mengacu pada prinsip umum ini.

II.Permasalahan

Namun, setelah kontrak ditandatangani dan studi kelayakan dimulai , perekonomian proyek terguncang oleh tanda-tanda kejatuhan hargabatu-bara , WEI terpaksa untuk memagari(hedge) janji-janji terdahulu dan menekan pemerintah China memberi hibah berupa konsesi-konsesi tertentu, contohnya :

China agar membeli konsesi WEI menjual 75% batu-baranya eksport ke pasar internasional, jadi artinya mundur dari perjanjian semula. China di level Lokal terkejut sehingga persengketaan tidak dapat dihindarkan.

Namun Tanner dan Petinggi Pusat pemerintah China menekankan pentingnya penyelesaian kasus ini. Akhirnya pada th 1985 WEI menang dalam perundingan dan menggeser peran export pada China Coal Import/Export Corp, dengan kondisi pasar yang jatuh, adalah masalah bagi China.

A.WESTERN ENERGY INTERNATIONAL

Kita berada dalam negara yang bernama Indonesia dengan lingkungan dan struktur budaya yang telah kita kenal mendapati serbuan barang-barang yang mengandung identitas asing yang hampir semuanya dari luar Indonesia .

Chapter 0 :

Sesuatu akibat pasti ada sebabnya , termasuk statement yang menyatakan bahwa “ satu-satunya yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri “, apa sebabnya orang mengatakan statement ini ? dan kita mengiyakan saja? Apakah definisinya perubahan itu? Bagaimana penjabaran dari teori perubahan diatas ? . Dalam hal ini kita dikonfrontasikan pula dengan pandangan bahwa“ apabila barang itu diproduksi akan menciptakan demandnya sendiri “ , betulkah ini ? atau sudah kena globalisasi sehingga pernyataan tersebut dikoreksi ? , apakah dengan itu kita harus selalu berubah ? kemana arah perubahan kita ? seberapa cepat perubahan itu ? bagaimana seharusnya kita berubah ?

Sehingga kita menjadi langgeng dalam perubahan?

Suatu pertanyaan yang muncul , dimana kami terusik untuk mencari jawabannya, sehingga kami tempatkan dalam Chapter 0 meskipun tidak ada dalam Text Book namun adalah suatu contoh riil dimana kami menghadapi bisnis internasional bahkan dalam pendidikan yaitu keberadaan suatu Chapter untuk dibahas, apakah ini merupakan rintangan bahasan Chapter dari kelas kita, atau globalisasi telah mempengaruhi kebijakan untuk memakai chpater-chapter import terbaru yang belum pernah diterjemahkan merupakan study yang kami butuhkan untuk didiskusikan ?, apakah ini merupakan intervensi kebijakan ? apakah pepatah asli produksi negara kita masih bisa kita andalkan dalam pengambilan keputusan ?:

Dari Chapter 1 hingga Chapter 5 kita disodori oleh bahan-bahan diskusi yang merupakan bagian dari kurikulum , haruskah kita mengikuti semua persoalan-persoalan tersebut ?, apabila kami ringkas persoalan persoalan yang disodoraka adalah sbb :

Chapter 1 :

Pergeseran ekonomi dunia selama 30 tahun implikasi pada bisnis internasional di Hongkong, Amerika Utara, Inggris ?

Apakah bisnis internasional relevan pada perusahaan kecil ?

Apakah perubahan tehnologi mempengaruhi pasar global ?

Bagaimana dengan internet ?

Bagaimana China pada 2020 dan pengaruhnya pada dunia ?

Apakah bisnis internasionalsama dengan bisnis domestik ?

Chapter 2 :

Apakah pasar bebas merangsang pertumbuhan yang efisien, dan pasar terkendali memperkaku pertumbuhan?

Apakah sistim politik demokrasi adalah kondisi mendasar untuk perkembangan ekonomi yang berkesinambungan ?

China pada 1980 s/d 1990 adalah negara yang banyak bertentangan dengan paham demokrasi bersamaan dengan ini China adalah penerima FDI yang terbesar terutama dari negara-negara berpaham demokratis seperti ( USA, Jepang, Jerman, dan Inggris ), apa dampak dari kesinambungan FDI dinegara ini?

Seandainya anda seorang CEO apa pandangan anda ?

Ditilik dari masalah resiko apabila anda CEO yang akan menenam modal $ 100 juta maka mana yang lebih dipilih negara Rusia atau Czekoslovakia, mana yang lebh favourable ?

Chapter 3 :

Mengapa budaya suatu bangsa mempengaruhi biaya dalam menjalankan bisnis di negara tersebut ?

Bagaimana praktek bisnis di negara islam ?

Apa implikasi bisnis di negara yang agamanya dominan ?

Bandingakan dua negara agama yang berbeda dalam hal :

Biaya berbisnis

Perkembangan masa depan

Praktek-praktek bisnis

Chapter 4 :

Merkantilis adalah teori bangkrut yang tidak punya tempat dalam dunia modern , betulkah ?

Apakah Jepang negara merkantilis baru ?, sebutkan kasus-kasus dinegara maju yang menganut paham merkantilis baru ?

Gambarkan kasus perdagangan bebas dengan menggunakan teori keunggulan komparatif .

Berdasarkan teori Porter bagaiman pemerintah membangun keunggulan industri nasional, jenis kebijakan apa yang anda rekomendasikan kemudian diadopsi pemerintah ?, apakah kebijakan ini merupakan varian dari filsafat dasar perdagangan bebas.?

Apakah membangun pabrik tekstil padat karya skill rendah di negara CarolinaUtara dengan rencana fasilitas di Perancis dan New York merupakan pilihan yang optimal ?

Chapter 5 :

Benarkah pendekatan “ ulet “ pemerintah USA dalam menghadapi perdagangan dengan Jepang, apa resikonya ?

Kebijakan pemerintah dalam perdagangan lebih condong kemana produsen atau konsumen ?

Berdasarkan argumen teori perdagangan baru dan kebijakan strategik perdagangan , kebijakan dagang mana yang anda tekan kepada pemerintah ?

Apakah rintangan dagang yang ditargetkan ? Apakah perusahaan komputer USA yang berproduksi di Thailand dan dieksport lagi ke USA , kemudian dikenai tarif bea masuk 100% sebagai hukuman thd rintangan administrasi pada perdagangan dengan USA merupakan rintangan dagang yang ditargetkan oleh USA pada Thailand tepat ?

III : Pemecahan Masalah :

Sebagai homo sapiens yang merupakan perubahan dari homo wajakensis yang merupakan kelas dari homo erektus , menurut Webster’ II New Riverside Dictionary diartikan dengan : “The Human Race“. Balapan manusia , hal ini tidak disebutkan terhadap apa balapan itu terhadap manusia lainnya, balapan dengan alam, balapan dengan diri sendiri , jadi intinya balapan manusia.

Orang mengatakan satu-satunya yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri sebab dialah yang menciptakan perubahan itu , manusia membuat mesin uap, ban berjalan, bahkan kini manusia membuat manusia dengan cloning yang dibuktikan dengan kesukseskan kambing tiruan Dolly. Jadi dia atau kelompoknya, atau organisasinya yang menciptakan perubahan dan dia tersebut tetap dia apa adanya , jadi dalam hal ini dia pencipta ini itu TETAP dan yang diciptakan dan bagian-bagiannya DIRUBAH olehnya.Kita mengiyakan saja karena kita mau DIRUBAH oleh yang MERUBAH kita itu . Definisi dari perubahan itu adalah sesuatu dimana tidak tetap atau tidak kekal. Berbicara tentang Hukum kekekalan ada Hukum kekekalan Energi , Energinya kekal sedangkan yang berubah adalah bentuknya saja , siapa yang menemukan Hukum Kekekalan ini yang dilindungi Hak Cipta siapa yang menciptakan Hukum Kekekalan Energi yaitu dia yang tidak berubah sampai kini. Penjabaran Theori Perubahan diatas perlu didiskusikan dengan floor apa perlu atau tidak.

Menerangkan suatu perubahan dibutuhkan suatu pendangan yang universal terhadap segala haldan kami punya bagan sederhana ( terlampir yang kami kemukakan untuk ditambah , dikurangi atau dibiarkan tetap oleh floor.

Dan apabila barang itu diciptakan akan menciptakan demandnya sendiri sudah pasti jelas , yang mengatakan itu adalah bangsa pencipta dalam homo sapiens dia yakin seyakin-yakinnya karena barang tersebut diproteksi dengan undang-undang hak cipta yang dijalankan dan dibuktikan secara tegas sehari-hari tidak hanya oleh kalangan pemerintahannya pun pula kalangan swasta menghargai undang-undang tersebut sehingga bila berang itu dilempar kepasaran berarti sedah terjadi monopoly dan orang pasti membutuhkannya karena sudah melalui proses yang seksama . Globalisasi diakibatkan oleh barang ciptaan : telekomunikasi, informasi dan transportasi yang sangat canggih, sudah jelas dia menciptakan demand sedangakan kita dirubah olehnya sehingga tidak yakin bahwa kalau kita menciptakan barang akan timbul demand. Kita akan menjadi tetap kalau kita buat ketetapan-ketetapan termasuk TAP-MPRS atupun TAP-MPR dalam bidang kenegaraan , adapun dalam bidang Manajemen dan Tehnologi ketetapan apa yang kita buat? Kekekalan apa yang kita buat masih dalam mencari paradigma baru. Reformasi telah merubah wajah Indonesia dengan cepat : Walikota Gubernur digugat, presiden dikritik, pom bensin disegel dan ribuan contoh-contoh perubahan tersebut dan yang tidak berubah adalah TAP dan komitmen kita terhadap Reformasi paling tidak untuk saat ini. Sudah terbukti dalam kekekalan energi kita berubah. Jadi kita dirubah dalam kekekalan. Puaskah ? Apabila puas kita harus bayar pada yang memberi kepuasan.

Chapter 1 :

Hongkong tidak terlalu kuat masalahnya bagi Indonesia sebab investasi kita disana taidak begitu besar dibandingakan Inggris yang menyewanya dari Cina. Amerika Utara telah berubah dari rasialis terhadap orang Amerika keturunan Afrika menjadi moderat juga tidak begitu berpengaruh untuk investasi kita disana kecuali menerima barang importnya, dan Inggris sendiri Pound Sterlingnya masih sangat kuat.

Microsoft diawali dengan perusahaan dan modal yang kecil namun mempunyai pandangan Global.

Sudah jelas dalam Telex , Faximile, Internet maupun Transfer sejumlah uang melalui ATM, dan pesawat Concorde London New-York dalam tiga jam yang sekarang sudah pensiun. Internet menggeser peranan Pos dan Giro dalam mengirim berita maupun barang. Pengaruh China pada Dunia tidak perlu kita tunggu tahun 2020 sekarangpun di Indonesia sudah terbukti , jika ditilik para konglomerat banyak yang bukan dari kalangan akademis maka mereka bisa digolongkan kaum merkantilis , maka dari itu apakah kita masih sangsi Merkantilisme adalah Theory yang bangkrut saya berpendapat tidak semudah itu.

Dalam Negara Internasional sudah jelas bisnis internasional adalah bisnis domestik.

Chapter 2 :

Pasar bebas merangsang pertumbuhan adalah seperti sesuatu yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri , pertumbuhan adalah perubahan, jika terkendali diumpamakan ketetapan atau kekekalan maka bagaimanapun yang menciptakan akan mengendalikan pertumbuhan, jadi biarpun pasar kita bebas atau terkendali , tetap dikendalikan oleh pencipta itu sendiri sehingga pertumbuhan kita pun ditetapkan oleh dia (contohnya : pertumbuhan industri computer, IMF, Pendidikan dll) disinilah komitmen kita betapa pentingnya hak cipta itu.

Politik demokratis dimana rakyat berkuasa sudah terbukti efisien , di Indonesia sendiri dari berita kita dapati Surplus dalam perdagangan, meskipun masih defisit dibandingkan dengan kewajiban membayar hutang luar negeri. Dalam hal ini dilihat struktur rakyatnya lebih dahulu , Inggris yang bukan Negara demokrasi ekonominya sangat berkesinambungan begitu pula Jepang dan Jerman sesuai dengan hukum perubahan tadi , kesinambungan ekonomi ditentukan oleh pencipta. Contohnya Rusia yang pernah komunisnya jaya karena minyak, sekarang ambruk akibat boikot gandum dan banjir minyak dari Arab yang sudah aliansi dengan USA, begitu pula Indonesia setelah memutuskan membeli Sukhoi.

Adapun FDI yang sangat besar di China yang totaliter merupakan strategi jangka panjang USA untuk mendobrak komunis ini bisa diterangkan dengan hukum Eksistensial Quantifier, sebab apabila mengerahkan armada perang mungkin biayanya jauh lebih besar dari FDI yang ditanam di China , dibalik itu malah memberi keuntungan yang tidak sedikit.

Dilihat dari jenis barang yang akan diproduksi negara Rusia bukan negara biasa mulai dari Tsaikovsky sampai Mendeleyev, mulai dari Yuri Gagarin sampai Kasparov, mulai dari Tupolev sampai Timoshenko, mulai dari Rasputin sampai Lenin semua ada di Rusia hal tersebut tidak ada di Cekoslovakia, Rusia bukan bangsa yang marginal, sistim masa lalu yang merusak dia sebagai pencipta akan dengan cepat beradaptasi dan menciptakan lagi kekekalan untuk perubahan yang cepat.

Chapter 3 :

Budaya berasal dari kata budi dan daya , budi meliputi akal, kehendak, ingatan dan perasaan yang merupakan bagian dari spirit rohani , sedangkan daya itu kekuatan , jadi budaya merupakan kekuatan spiritual , sedangkan Bill Clinton berpidato bahwa yang lebih besar dari kapal induk mutakhir yang sangat raksasa adalah “ Spirit of America “ sudah jelas kekuatan spiritual/budaya Amerika berupa kapal induk terbesar didunia berapa costing menejemenya per jam.

Praktek bisnis dinegara Islam , hukumnya pakai hukum Islam dan financingnya tanpa bunga. Rumus-rumus ekonomi tetap berlaku hanya saja dimasukkan bunga = 0, ada yang seperti bunga bank tapi bukan bunga bank.

Negara yang agamanya dominan biasanya aliran fanatisme, apabila fanatisme terhadap barang itu terjadi terjadilah monopoly pemasaran.

Agama : Sinto Hindu

Biaya Berbisnis : Tinggi Rendah

Perkembangan masa depan: Pasti Tidak Pasti

Praktek Praktek Bisnis : Fanatik Fanatik

Chapter 4 :

Arti Merkantilis berasal dari kata “ Mercari “ ,berarti berjual belidari bunyinya mirip Mercure, Mercurius, Mercury, Merkantilis adalah paham yang menganut prinsip Jual Beli yang selalu ingin mendapat untung, baik menjual maupun membeli harus untung.

Dengan prinsip dan spirit ini kaum Merkantilis tidak pernah bangkrut karena spirit Jual Beli adalah Jual Beli itu sendiri , biarpun dia sudah bangkrut dia masih berjual-beli sehingga mendapat untung.

Jepang memang negara merkantilis baru contohnya kalau Jepang memberi pinjaman OECF misalnya maka biasanya kontraktornya Mitsui, Taisei, Kajima, dan kontraktor tersebut selalu membeli komponen-komponen sebanyak-banyaknya dari Jepang.

Amerika adalah merkantilis baru : contohnya Tehnologi Canggih yang Classified / Top Secret bagaimanapun tidak akan dijual pada negara-negara tertentu , satelit komunikasi hanya dia yang terbaik, tidak diberikan / sharing dengan negara lain sebab dia adalah Homo Sapiens yang sementara menang balapan dengan alam bukan remis atau seri tapi pemenang, kalau dijual sudah pasti sangat mahal karena hanya dia satu-satunya produsen, bahkan tidak dijual karena itu adalah masalah security.

Theori Porter dengan Porter’s diamond mensyaratkan suatu keunggulan berupa atribut suatu negara berupa : faktor endowments, domestic demand condition, related and supporting indistries, dan strategi struktur dan persaingan. Jenis kebijakan adalah yang mendorong industri kecil menengah relatif padat karya dengan level skill medium menggunakan material khusus yang unik (seperti rotan, karet, bambu, minyak sawit, dan yang terkenal REMPAH-REMPAH dll), ini berupa varian perdagangan bebas karen tidak merintangi dengan tarif melainkan memanfaatkan kelangkaan negara lain dimana di Indonesia melimpah.

Pabrik tekstil di Carolina, saat ini Amerika sudah tidak mau memproduksi barang-barang teknologi rendah , yang dikerjakan adalah jenis industri semacam Boeing yang padat karya namun dengan skill yang tinggi, industri ruang angkasa dan penemuan-penemuan mutakhir seperti processor dan komunikasi.

Chapter 5 :

Pendekatan ulet adalah tepat , dengan resiko overhead cost yang juga relatif tinggi, namun apabila existensial quantifier sudah masuk , dalam jangka panjang menguntungkan, sebab kemajuan Jepang berdasarkan Containmentof China Policy, memang ditujukan oleh Amerika menjadi negara makmur yang liberal dan kapitalis sehingga minimal menjadi rintangan rembesan komunis ke Amerika yang batasnya hanya menyeberangi lautan Pasifik, begitu pula Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia, Philipina sampai Indonesia, dibuat kapitalis dan liberal supaya komunis tidak merembaes ke Australia.

Mengenai rintangan tarif yang ditargetkan sudah jelas, secara logika matematis Pemerintah USA tetap ulet dengan tarif 100% sebab dibalik barang tersebut ada tenaga, kebijakan, kekuatan-kekutan dari Thailand yang bertentangan dengan Amerika, sehingga harus dicegah.

IV . Kesimpulan :

1.Seyogyanya dicari akar dari semua permasalahan-permasalahan diatas dan direduksi menjadi satu primitif yang dipakai untuk menyamakan persepsi.

2.Dari primitif itu disusun definisi-definisi baru turununan dari logika matematis yang didiskusikan, diseminarkan, disimposiumkan menjadi suatu ketetapan dimana menampung segala kejadian-kejadian yang berisikan dengan perubahan-perubahan cepat tersebut.

3.Dari definisi yang telah disepakati bersama disusun metatheorema awal yang merupakan cikal-bakal dari theorema-theorema yang lebih stabil dan universal dengan mengalami serangkaian uji pembuktian dengan bermacam-macam cara dan tidak harus secara statistik belaka.

4.Dari kasus-kasus yang dikemukakan pengarang dalam Text-Book di konfrontasikan dengan theorema kita sendiri.

5.Amerika yang merupakan Negara Kesatuan adalah negara Internasional , baik standard-standard yang dikeluarkan sudah mengglobal, sehingga masalah domestiknya menjadi masalah Internasional.

Komitmen tentang Indonesia Baru, Reformasi, dan Masyarakat Madani seyogyanya dibuatkan Masterplannya yang direduksi menjadi Program Jangka Menengah, yang secara riil bisa diinplementasikan berdasarkan paradigma yang kami tawarkan adalah Logika Matematik

Technorati Tags: Cerita Manajemen, Air, Ajar, Alam, Alihan, Aliran, Antarabangsa, Bawang, Belajar, Bersih, Cache, Caesar, Cesar, Cinta, Daerah, Dan, Daya, Diri, .doc, Ekonomi, Etika, Filem, Filsafat, Global, Hukum, Ilmu, Indonesia, Ingatan, Internasional , Internet, Islam, Jasa, Keluarga, Kerja, Keuangan, Komputer, Lalang, Laut, Makro, Manfaat, Memory, Merah, Miedo, Mikro, Mineral, Modal, Motivasi, Negara, Online, Operasi, Padi, Pancasila, Pangan, Para, Pasar, Payudara, Pekerja, Pelajar, Pemanfaatannya, Pemasaran, Pendidikan, Pengetahuan, Peralihan, Pertanian, Perusahaan, Produk, Produksi, Proyek, Qalbu, Qolbu, Raya, Resiko, Siber, Sistem, Sumber, Waktu

Pos ini dipublikasikan di Cerita-Manajemen. Tandai permalink.

6 Balasan ke Strategi Dua Perusahaan China

  1. rini unand berkata:

    pak, makalahnya mantap

  2. Hery berkata:

    menurut pandangan saya, hal yang dipaparkan diatas salah semua.
    yang benar tanya sama kang Heri. Perlu diketahui bahwasannya Kang Heri adalah pakar ilmu manajemen.

  3. mr. Intan Idianto berkata:

    luar biasa makalahnya…..
    thanks

  4. anaz on FE unej berkata:

    keren keren keren keren

  5. djadja berkata:

    Sebagai pencerahan perihal “Strategic Management” dapat dilihat di:
    http://sardjana.multiply.com/video/item/10/Corporate_Strategy

  6. hendro berkata:

    Kayaknya makalahnya perlu dipecah, deh. Isinya bagus, cuma bacanya capek karena kepanjangan. Salut untuk semangat berbaginya. Kita butuh lebih banyak sumber referensi yang aksesibel seperti dalam bahasa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s