Manajer Keuangan Baru

Tugas pertama Barbara Orban pada Southern Commerce Bank adalah menanamkan $ 1 juta dari satu pengembang yang dipercaya oleh bank tersebut. Karena pengembang tersebut diharapkan untuk mendistribusikannya pada penerima property selama satu tahun . Orban telah diinstruksikan merencanakan perioda holding selama satu tahun. Lebih jauh lagi , bosnya telah membatasinya pada beberapa pilihan penanaman modal sebagai berikut :

Prakiraan Laju Pendapatan

Keadaan ekonomi Kemungkinan T-bills Paragon Luster Apex PortfolioPasar
Resesi 0.05 8.0% (22.0%) 28.0 10.0% (13.0%)
Dibawah rata-rata 0.20 8.0 (2.0) 14.7 (10.0) 1.0
Rata-rata 0.50 8.0 20.0 0.0 7.0 15.0
Diatas rata-rata 0.20 8.0 35.0 (10.0) 45.0 29.0
Boom 0.05 8.0 50.0 (20.0) 30.0 43.0
1.00            

mengembangkan kemungkinan-kemungkinan estimasi untuk keadaan ekonomi, dan departemen mempunyai sebuah program komputer yang canggih yang mengestimasikan laju pendapatan pada setiap pilihan dibawah setiap kondisi ekonomi.

Paragon Inc. adalah sebuah perusahaan elektronika. Luster memiliki tambang-tambang emas di Amerika dan Kanada dan Apex memproduksi ban dan beberapa jenisproduk-produk dari karet dan palstik. Bank juga memelihara sebuah “index dana” yanng memiliki bagian pasar yang dimuatisemua saham-saham yang diperdagangkan publik, dan Orban dapat menanamkan modal pada “index dana” tersebut sehingga mendapatkan hasil rata-rata pasar saham.

Tempatkan diri anda pada posisi Orban, dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut :

Definisikan istilah “resiko penanaman modal”

Jawab :

Resiko didefinisikan sebagai bahaya,diterpa kemungkinan menderita gangguan, kehilangan, kerugian, kecelakaan. Jadi resiko berpegangan pada beberapa perubahan peristiwa yang tidak diinginkan bakal terjadi. Apabila anda menanamkan modal pada saham-saham yang spekulatif( atau, sesungguhnya, setiap saham ), anda sedang mengambil resiko didalam harapan memperoleh laba.

Resiko penanaman modal , dihubungkan dengan kemungkinan memperoleh laba lebih kecil dari pada laba yang diperkirakan – semakin besar perubahan laba yang rendah atau negatif, semakin besar resiko penanman modal.

Mengapa keuntungan T-bill tidak bergantung pada kondisi ekonomi ?

Jawab :

Dalam hal ini T-Bill adalah One Year US Treasury bills yang menawarkan suku bunga sebesar 8%..T-bill adalah semacam kontrak dimana peminjam setuju membuat pembayaran bunga secara prinsip, pada tanggal tertentu, pada pemegang T-bill tidak memandang pada kondisi ekonomi. T-bill selalu akan dibeli pada suatu diskon atau potongan dan akan dikembalikan nilai parnya ,nilai nominal, atau angka yang tertera pada lembaran T-bill yang akan diterima sipembeli pada saat jatuh tempo. Suku bunga T-bills diketahui secara pasti – 8% dan penanaman modal T-bills tidak beresiko dalam arti keuntungan nominal di jamin dalam satu perioda.

Apakah T-bill menjanjikan pendapatan yang secara total bebas resiko ?

Jawab :

Keuntungan nyata pada T-bill adalah beresiko, sejalan dengan suku bunga sesungguhnya yang bergantung pada laju inflasi yang terjadi sepanjang tahun tertanggung. Selanjutnya T-bill dapat mendatangkan masalah pada penanam modal yang mendasarkan atas portfolionya untuk meneruskan pendapatannya: Bilamana T-bill jatuh tempo, T-bill harus diperbaharui, dan jika suku bunga telah turun, pendapatan portfolio akan jatuh. Resiko tsb yang disebut “laju resiko penanaman modal kembali” bukanlah masalah dalam contoh ini apabila periode tertanggung perusahaan cocok dengan jatuh tempo T-bill. Akhirnya, perlu dicatat bahwa keuntungan relevan pada setiap penanaman modal adalah keuntungan setelah pajak dibayarkan, jadi suku bunga yang digunakan dalam tujuan pengambilan keputusanharus diambil setelah pajak pendapatan.

Mengapa pendapatan Paragon diperkirakan berubah sejalan dengan perubahan kondisi ekonomi, sedangkan Luster diperkirakan bergerak berlawanan dengan ekonomi ?

Jawab :

Paragon Inc. adalah sebuah perusahaan elektronika.

Industri elektronika penuh dengan inovasi dan sangat sensitif terhadap perkembangan pasar uang sebab eksport importnya yang cukup besar , karna harga produknya juga ditentukan oleh mata uang internasional( dalam hal ini dollar ), maka performanceperusahaan sangat ditentukan oleh inovasi dan kondisi / situasi ekonomi, sedangkan inovasi bisa dicapai apabila kondisi ekonomi baik, disebabkan billing rate tenaga ahli yang sensitif terhadap kondisi ekonomi.

Sebaliknya

Luster yang memiliki tambang-tambang emas di Amerika dan Kanada, dimana cadangan emas secara tradisional relatif diperlakukan sebagai cadangan devisa, dan mata uang reference, apabilakondisi ekonomi memburuk maka nilai uang jatuh dan nilai emas stabil sehingga naik relatif terhadap mata uang yang jatuh, Luster sebagai pemilik tambang emas maka nilai sahamnya berlawanan dengan kondisi ekonomi.

Hitung , prakiraan laju pendapatan pada setiap pilihan, berdasarkan pada satu-satunyaprakiraan pendapatan, alternatif mana yang akan diambil Orban ?

Jawab :

Secara singkat , jelaskan konsep resiko total dan resiko pasar?

Jawab :

Ada beberapa cara dimana resiko dapat didefinisikan dan diukur yaitu :

1.Resiko Total adalah resiko aset yang ditahan dalam isolasi.

2.Resiko pasar adalah relevansi asset, atau yang effektif, resiko yang tertahan sebagai satu dari sejumlah besar asset dalam portofolio saham yang secara benar teraneka ragam

Untuk menerangkan Resiko Total, contohnya seorang penanam modal memegang sebuah asset tunggal yang beresiko, katakanlah sebuah saham dalam kasus ini, resiko saham diukur dengan pemencaran keuntungan sekitar pengembalian yang diperkirakan. Semakin besarpemencaran semakin tinggi kemungkinan dimana laba akan jatuh jauh dibawah pengembalian yang diperkirakan, sehingga semakin besar resiko terhadap saham. Bagaimanapun, apabila penenm modal memegang sejumlah besar saham dalam satu portofolio , katakanlah 40 atau lebih ( di Indonesia LQ45 ), issue yang penting menjadi keseluruhan, atau agregat resiko portofolio saham, karen kerugian pada satu saham boleh jadi diimbangi dengan keuntungan pada saham yang lain. Dalam situasi ini , resiko yang reolevan di setiap saham , adalah resiko pasarnya yang manamengukur kontribusi saham pada resiko keseluruhanportofolio.

Semakin besar dampak sebuah saham pada keseluruhan portofolio ( semakin banyak memilikinya dalam portofolio meningkatkan resiko portofolio ), semakin tinggi resiko pasar dari saham tersebut, resiko pasar sebuah saham dipengaruhi dari total resikonya , namun juga dipengaruhi korelasi pengembaliannya dengan pengembalian portofolio saham-saham tersebut.

Penggabungan saham dalam portofolio mengurangi resiko, karena saham-saham yang mengalamipengembalian lebih kecil dari yang diperkirakan akan diimbangi beberapa tingkatan saham yang memperoleh pengembalian lebih dari yang diperkirakan. Jadi, penanam modal yang rasinil akan memegang portofolio-portofolio saham daripada saham-saham tunggal, lebih lanjut selama sebagian besar penanam modal diasumsikan rasionil, sebuah resiko saham, kemudian harganya, akan secara umum didasarkan pada resiko pasarnya dan bukan pada total resikonya. Konsep total resiko dan resiko pasar, dapat diterapkan pada semua asset-asset yang beresiko, surat-surat berharga seperti saham-saham dan obligasi, real estate, logam-logam mulia, penanaman modal perusahaan dan lain-lain.

b.Orban mengakui bahwa mendasarkan keputusan satu-satunya pada prakiraan pendapatan adalah cocok hanya untuk saham individu yang netral resiko selama trust beneficiaries seperti pada setiap orang adalah enggan beresiko, resiko setiap pilihan adalah satu aspek penting dari keputusan. Satu ukuran yang mungkin dari resiko adalah simpangan pendapatan standardpendapatan. Hitung nilai-nilai ini untuk setiap pilihan . Jenis resiko apa dihitung untuk deviasi standard ?

Jawab :

Surat berharga individu yang netral resiko adalah T-bill, untuk setiap pilihan kondisi ekonomi laju pengembalian tetap sebesar 8.0%.

Resiko yang dihitung untuk deviasi standard adalah resiko terhadap perubahan laju inflasi dan laju perubahan tarif dan pajak

c.Orban hanya mengingat bahwa koefisien variance (CV) secara umum dianggap sebagai sebuah ukuran yang lebih baik dari total resiko daripada simpangan standard bilamana pilihan-pilihan yang secara luas diperhitungakan membedakan prakiraan pendapatan. Hitung CV untuk beberapa saham yang berbeda. Apakah CV menghasilkan peringkat resiko yang sama seperti simpangan standard ?

Jawab :tabrl

Untuk Anda Jawab Sendiri :

d.Orban berangan-angan apa yang akan terjadi seandainya dia telah menciptakan dua portfolio saham dengan menanamkan $500.000 pada Paragon dan $500.000 pada Luster Apa yang terjadi dengan prakiraan pendapatan dan simpangan standard untuk portfolio ini ? Bagaimana resiko portfolio dibandingkan dengan resiko dari dua saham individu yang diisolasi

e.Apa yang akan terjadipada resiko portfolio jika saham-saham lebih dan lebih lagi dipilih secara acak ditambahkan padarata-rata satu saham portfolio ?

f.Apakah efek portfolio mempengaruhi cara berpikir penanam-penanammodaltentang resiko saham individu ? Apabila anda pilih untuk menanam satu portfolio saham secara konsekwen diexpose pada yang lebih beresiko daripada penanm-penanm modal yang beraneka ragam, dapatkah anda perkirakan merasa diimbangi untuksemua resiko yang anda pikul , Dapatkah anda mendapatkan untung resiko premium pada bagian dimana resiko anda dapat dihilangkan dengan keanekaragaman ?

g.Bangunlah sesuatu yang masuk akal , tetapi berhipotesa, grafik yang menunjukkan resiko sebagai yang diukur oleh simpangan standard pada sumbu X dan prakiraan laju pendapatan pada sumbu Y.Lalu tambahkanlah sebuah ilustrasi himpunan saham-saham yang layak , dan tunjukkanlah bagian apa dari kumpulan yang layak adalah efisien. Apa yang membuat , sebuah portfolio tertentu itu efisien? Tidak khawatir terhadap nilai-nilai spesifik dalam membangun grafik, gambarkan saja bagaimana hal-hal tersebut terlihat sebagai data yang masuk akal .

Pos ini dipublikasikan di Cerita-Manajemen. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s