Pengambilan Keputusan Partisipatif dan Kinerja Karyawan

Ada dua jenis kepercayaan seseorang yang mungkin disekitar panutannya dalam mengambil bagian pada keputusan pekerjaan yaitu panutan partisipatif diri (self efficacy) dan panutan partisipatif kolektif. Menggambarkan definisi sebelumnya mengenai Panutan-Diri/ Self Efficacy (Bandura, 1997) dan panutan kolektif ( Gist, 1987; Earley, 1994; Mitchel & Northcraft, 1997; Riggs, Warka, Babasa, Betancourt,& Hooker, 1994),

Panutan partisipatif diri (self efficacy) sebagai tingkat dimana perorangan percaya bahwa dia mempunyai ketrampilan dan kemampuan sehingga dengan sukses ikut ambil bagian dalam proses pengambilan keputusan.

Panutan partisipatif ( kolektif) adalah tingkat dimana anggota kelompok percaya bahwa kelompok mereka mempunyai ketrampilan dan kemampuan sehingga dengan sukses ikut ambil bagian dalam pengambilan keputusan.

Secara teoritis, efek pengambilan keputusan partisipatif pada kinerja boleh berasal dari bagaimana penggunaannya secara instrumental untuk menciptakan situasi yang menjadi lebih baik pada efektivitas mereka (Mitchell, 1973).

Orang yang tinggi panutan-diri sendirinya akan menggunakan peluang pengambilan keputusan partisipatif untuk mencapai apa yang mereka inginkan, sedangkan mereka yang rendah pada panutan-sendiri boleh cenderung untuk menjadi direpotkan manakala diperkenalkan dengan kesempatan semacam itu.

Dengan cara yang sama, orang yang mempunyai tingkat tinggi dalam panutan kolektif sangat mungkin untuk ambil bagian secara aktip manakala mereka mempunyai kesempatan, sebab mereka sangat yakin, bersama-sama dengan panutan mereka, mereka dapat secara efektif meningkatkan kinerja kelompok.

Pada sisi lain, orang yang mempunyai tingkatan rendah pada panutan kolektif boleh jadi cenderung untuk memandang kesempatan semacam itu sebagai ancaman sebab mereka memandang kelompok mereka sebagai hal yang tidak mampu dalam membuat keputusan secara efektif.

Suatu kesempatan dari kelompok mereka untuk ikut ambil bagian dalam pengambilan keputusan mungkin dilihat seperti kelainan fungsi dipermukaan tubuh kelompok menuju manfaat yang tidak jelas.

Begitu, derajat tingkat dimana karyawan percaya bahwa mereka atau unit pekerjaan mereka bisa mengambil bagian secara efektif ( mempunyai panutan partisipatif ) maka adalah kritis dalam menentukan bagaimana pengambilan keputusan yang partisipatif dapat mempengaruhi kinerja.

Sedangkan kolektivisme dan individualisme menghadirkan atribut yang umum dari suatu kultur yang diberi istilah " idiosentrisme" dan " allosentrisme" dan telah digunakan untuk mengukur orientasi level-individu yang mencerminkan nilai-nilai budaya ini (Triandis, 1989). Triandis mengusulkan untuk menggunakan idiosentrisme dan allosentrisme dalam menangkap variasi budaya-setempat dengan atribut kepribadian.

Idiocentrics memandang diri adalahsebagai hal yang terpisah dari orang lain, mempunyai kaitan dengan prestasi, dan memberi prioritas ke tujuan pribadi diatas tujuan kelompok. Dan sebaliknya, orang membuat angka yang tinggi pada allosentrisme.

Allosentrisme memandang diri tidak dapat dipisahkan dari yang lainnya dalam suatu kelompok-setempat.Mereka sangat mengindahkan keselarasan hubungan antar pribadi yang, manakala mereka membedakan antara tujuan kolektif dan tujuan pribadi, mereka mendisposisikan tujuan pribadi mereka pada tujuan kelompok.

____________________

PENGAMBILAN KEPUTUSAN PARTISIPATIF DAN KINERJA KARYAWAN DALAM KULTUR BERBEDA : EFEK MODERATOR DARI ALLOSENTRISME/ IDIOSENTRISME DAN EFIKASI oleh SIMON S.K. LAM Universitas Hong Kong , XIAO-PING CHEN Universitas Washington, JOHN SCHAUBROECK Universitas Drexel Academy of Management Journal 2002, Vol. 45. No. 5. 905-914.

Pos ini dipublikasikan di Sumber Daya Manusia. Tandai permalink.

5 Balasan ke Pengambilan Keputusan Partisipatif dan Kinerja Karyawan

  1. Ping balik: Kinerja « Irwan68’s Weblog

  2. OpenIDea berkata:

    makasih makalahhnya😀

  3. Link exchange is nothing else however it is simply placing the other person’s website link on your page at suitable place and other person will also do same in support of you.

  4. best home gyms berkata:

    Hi everyone, it’s my first pay a quick visit at this web site, and article is in fact fruitful in support of me, keep up posting these types of posts.

  5. Since the admin of this web page is working, no uncertainty very quickly it
    will be famous, due to its quality contents.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s