Komponen utama Basis Ekonomi

Produksi setempat :
Produksi berupa jasa dan barang-barang keduanya untuk kebutuhan lokal dan untuk ” ekspor” ke luar kawasan lokal perkotaan; produksi setempat adalah paling utama pada kebanyakan kawasan perkotaan. Basis ekonomi ekspor ini dapat dijelaskan sebagai berikut : Seperti yang kita ketahui dari rumus dasar ekonomi makro, maka siklus anggaran di dipengaruhi oleh empat faktor ekonomi yaitu Households (Rumah Tangga) , Government (Pemerintah Kota) , Firms (Perusahaan dan/atau Industri Kecil Menengah) dan Rest of World. Industri Kecil Menengah menurut Deperindag (2003) dikelompokkan dalam Kelompok IKM Penggerak Ekonomi Daerah, Kelompok IKM Pendukung, Kelompok IKM Berorientasi Ekspor, Kelompok IKM Inisiatif Baru (Knowledge-Based). Rest of World dalam hal skala kota Surabaya adalah Luar Kota, Luar Propinsi atau Luar Negeri dan Gambar 2.24 dalam bentuk bagan akan seperti dibawah ini.

siklus anggaran.

.

.

.

.

.

.

.

.

..

.

.

.

.

tabel.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Gambar 2.24 : Siklus Anggaran

Dari Gambar 2.24 sebelumnya dibuat definisi dan dihitung berdasarkan kesetimbangan antara income dan expenditure. Injeksi disini berasal dari investasi , belanja pemerintah dan ekspor sedangkan leakages ( keboocoran) diakibatkan oleh saving, pajak dan import. Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi adalah dengan memperbesar injeksi dan memperkecil leakages dengan masih menjaga keseimbangan. Semua parameter utamanya daya tarik investasi , export dan belanja pemerintah sangat dipengaruhi oleh kebijakan publik dan produk hukum .
Apabila Siklus Anggaran yang ada dalam Gambar 2.24 lebih diperluas dengan memasukkan unsur pasar keuangan dan pasar barang maka Gambar 2.24 siklus anggaran akan menjadi sebagai berikut :

Untitled
.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Gambar 2. 25 : Siklus Anggaran dengan Pasar Barang dan Pasar Keuangan25


Investasi Kembali : Seperti kita ketahui investasi dibagi dalam dua sektor utama yaitu investasi modal industri dan investasi modal jasa. Besarnya investasi jasa sangat dipengaruhi oleh output produk-produk industri. Sedangkan investasi modal industri akan sangat mengurangi lahan produktif sektor pertanian dan perikanan termasuk kesuburan lahan yang semakin berkurang yang bisa mengurangi ketahanan pangan kota Surabaya. Investasi kembali atau kepemilikan modal diarea lokal dapat dicapai dengan investasi kembali atas kekayaan orang yang dipensiunkan berupa dana yang telah disimpan bertahun tahun;

Belanja Pemerintah : Dari semua jenis pekerjaan yang disediakan oleh semua sektor diatas yaitu pengembangan sektor industri, jasa, akan mempengaruhi kecepatan utilisasi tenaga kerja di kota Surabaya. Peningkatan ini akan meningkatkan kebutuhan fasilitas umum serta perumahan pegawai. Serta pemerintah dapat mentransfer pembayaran jaminan sosial.

Basis ” Ekspor”
Di kabupaten/kota manapun maka jasa dan barang diproduksi oleh ekonomi lokal

a. Barang-Barang Ekspor
Ekspor Barang dan Jasa ini diproduksi didalam jumlah lebih besar dibanding untuk konsumsi lokal. Jasa dan Barang ini diekspor ke kota, daerah, dan negara-negara lain. Ini dikenal sebagai “basis dasar” produk (atau produksi basis dasar). Sektor ekonomi lokal yang menghasilkan jasa dan barang-barang seperti itu disebut ” dasar” atau sektor (” ekspor”).
b. Barang-Barang Lokal
Jasa dan Barang-Barang lokal adalah yang diproduksi didalam jumlah sepadan dengan atau kurang dari apa yang diperlukan untuk konsumsi lokal. Ini dikenal sebagai ” non basis ” jasa dan barang-barang ( atau produksi non basis). Sektor dari ekonomi lokal yang menghasilkan jasa dan barang-barang seperti itu disebut sektor ” non basis ” atau sektor ” jasa”. ( Sektor ini melayani populasi lokal dan sektor ekspor.)

______________________________________

25 Parkin Michael and Robin Bade, Modern Macroeconomics , edition , Philip Allan,

 

 

Semoga tulisan ini dapat menembah informasi sdr Anto

Pos ini dipublikasikan di Ekonomi Makro. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Komponen utama Basis Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s