8. Memperkecil Lendutan Jembatan Gantung

Tulisan ini kita tulis sebagai kontribusi terhadap pemikiran gantinya Jembatan Condet. Kondisi Jembatan Condet sebelum runtuh menurut yang ditayangkan Metro TV ada goyangan jembatan ketika dibebani karena pakai sistem jembatan gantung konvensional meskipun dek jembatan dibuat dari rangka baja yang ditujukan untuk kekakuan jembatan.

Karena Condet adalah bagian dari daerah asli Betawi makanya kita berkontribusi juga untuk menyumbang satu jenis bangunan yang cukup unik ini . . Pada gambar 43 nampak kabel diagonal pencegah goyangan. Dengan kabel diagonal itu jembatan bisa lebih fit dan tidak bergoyang. Kabel diagonal ini untuk Jembatan Gantung Condet…..

hal 1 -  43 Page36

hal 1 -  43 Page37

hal 1 -  43 Page38

hal 1 -  43 Page39

hal 1 -  43 Page40

Pos ini dipublikasikan di Jembatan Gantung. Tandai permalink.

12 Balasan ke 8. Memperkecil Lendutan Jembatan Gantung

  1. ropi berkata:

    sangat menarik.

    boleh tahu, apakah usulan ini sudah disampaikan kepada pihak yg berwenang?

    apakah ada informasi kapan jembatan yang baru akan dibangun?

    last but not least, boleh aku copy paste ke blog condet?
    kebetulan aku ada rencana masukin foto jembatan gantung sementara ke blog, cuma belum sempet aja transfer filenya.

    terima kasih.
    salam,
    warga condet, pengguna jembatan gantung.

  2. herman berkata:

    Terima Kasih Ropi,

    Usulan ini belum disampaikan ke pihak berwenang dan

    belum ada informasi kapan jembatan akan dibangun

    Silakan mengkopi paste tapi tolong tidak dirubah atau tidak ditambahi sehingga tidak timbul akibat yang kurang baik. Apabila masih kurang lengkap … akan saya teruskan posting teorinya ini agar bisa dimanfaatkan warga condet , pengguna jembatan gantung.

    harapan saya ini juga berguna bagi seluruh warga Indonesia dibantaran sungai yang anggaran jembatannya dari pemerintah tidak pernah turun, dengan alasan biaya.

    Dengan cara ini saya anjurkan hitungannya dikonsultasikan pada Insinyur di daerah masing-masing, kemudian gotong royong membangun jembatan ini.

  3. Ping balik: 3. Enerji Tegangan yang Disimpan « Manajemen

  4. Ping balik: 3. Enerji Tegangan yang Disimpan : manajemen

  5. geni berkata:

    mas…boleh ga di hitung juga estimasi biayanya….soalnya untuk saya jg sangat tertarik dengan jembatan gantung ini…
    kebetulan saya tinggal di desa yg di kekilingi oleh sungai…..terimakasih…

  6. Hananto berkata:

    mas…boleh tahu detail connection cable jembatan gantung ini ka? bagaimana memastikan ujung-ujung kabelnya terikat dengan kencang?

    salam
    Hananto

  7. Ir. Antoen berkata:

    Saya membutuhkan cara analisa jembatan gantung, khususnya mekanika gaya, landasan teorinya, soal penyelesaiaan kalau ada, bisa di email ke antoen_jgy@hotmail.com Sekarang saya tida ada buku pegangan, soalnya tertinggal diyogya, terima kasih atas bantuannya

  8. Noldi berkata:

    Mas, ada detail gbr jbt gantung, dengan analisa perhitungannya? Kalau bisa, tlg kirim ke email noldialfrian@yahoo.co.id makasih

  9. endah berkata:

    mas, boleh minta perencanaan jembatannya scr detail dan menyeluruh?? kl blh krm ke email endah y.. ditunggu, trm ksh sebelumnya…

  10. herman berkata:

    @geni .. Biaya bergantung lebar sungai bentang jembatan dan , lebar jembatan dan jenis beban .. konsultasikan pada insinyur atau DPUD setempat .. minta aja proyek swadaya 20% ditambah APBD 80% ..
    @Hananto .. didesain terus ditest di laboratorium universitas setempat (LPPM.)
    @Ir. Antoen ;@ Noldi @Endah … saya sudah upload cukup lengkap .. coba di Side Bar sisi kanan ada Awan Kategori .. klik aja Jembatan Gantung .. udah lengkap

  11. rouf danang berkata:

    mas,saya mahasiswa tingkat akhir yang sedang menempuh TA. topik saya tentang desain jembatan gantung…
    tolong beri saya referensi buku dan analisisnya mas,saya nyari tapi ndak nemu-nemu

  12. Ir petrus tangke berkata:

    slm pagi mas.ada det jembatan gantung yang tiang dan deknya menggunakan kayu.tolong persyaratan untuk perencanaan apa sj yang harus dipenuhi,mis untk jembtan yg p =…l = …,berapa diamtr tiang kayuxsoalnya sy di papua ini mas.tanks.tol kirim ke email petrus_tangke@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

