Ekonomi metan hidrat CH4Hidrat

CH4Hidrat merupakan hasil dari pembusukan deposit detritus yang di digest oleh bakteri seperti metanobakter menhasilkan gas metan dalam jumlah yang sangat besar didasar lautan atau lipatan kulit bumi, kemudian terperangkap dalam air kristal membentuk CH4Hidrat memadat 1/160 x. Konon menurut para ahli deposit CH4Hidrat di Indonesia dinyatakan nihil. Apakah benar …. ? . Coba kita lihat di koran atau di TV , lumpur lapindo mengeluarkan gas yang dikatakan metana. Di rungkut juga keluar gas serupa, juga di Kalimantan, kemudian di Jawa barat. Apalagi Laut Jawa yang seperti bak sedimentation tank raksasa, ingat ikan hiu yang sering terdampar. Mengapa dikatakan nihil … ? . Metan mempunyai panas kalor yang teringgi dibandingkan gas yang lain ( propan, butane, ethan atau dalam bentuk ethylene, propylene, xylene (indikator adanya minyak), toulene. Natural Gas Hydrate ini dibandingkan LNG ( Liquid Natural Gas) mempunyai biaya produksi 15% lebih murah , biaya pengakutan 5% lebih murah, regasifikasi 25% lebih murah, Total 14% lebih murah. pada jarak angkut 5000 km. Ya kalau investasi riset CH4Hidrat karena bisa renewable dengan memasukkan Carbon misalnya (CO2) gas buang pembangkit listrik, bayangkan deposit gas alam sepanjang masa atau lainnya CBM (coal bed methane) lebih masuk akal daripada investasi riset bluegas yang deposit alamiahnya hanya banyak ada di Amerika, karena kalau artificial dari air dijadikan gas H2 kemudian dicairkan lagi, pabriknya tentu mahal sekali. apakah bisa investasi bluegas bisa menghasilkannya Harga 1 liter hidrogen cair 0.8$ ?

Pos ini dipublikasikan di Ekonomi Energi. Tandai permalink.

2 Balasan ke Ekonomi metan hidrat CH4Hidrat

  1. yantie berkata:

    Seorang blogger secara ilmiah menemukan cadangan minyak baru seperti yang telah dipublikasikan di Kontan, 17 Mei 2008 bertajuk “Ada Cadangan Minyak Baru 349 juta Barel”. Sebelumnya belum ada teori yang menyatakan hal ini.

  2. de_tai_L berkata:

    saya juga pernah dengar tentang cadangan energi kristal metan hidrat tsb. tetapi bagaimana eksplorasinya? itu yang masih saya tidak ketahui. dengan metode apa kira kira

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s