BI Rate naik dan pengendalian Asymmetric Information.

Seperti kita ketahui BI Rate adalah sebagai acuan suku bunga pinjaman perbankan nasional. Dan menurut nature dari besaran suku bunga ini adalah bahwa. semakin tinggi suku bunga pinjaman maka pinjaman ini harus di investasikan dalam program investasi dengan yield yang tinggi pula. Yield yang tinggi bisa dicapai ( kecuali niche/captive market) apabila resikonya juga tinggi dan ketidak pastiannya tinggi dengan spekulasi yang tinggi pula. Nature ini menjadi krusial sehubungan dengan Asymmetric Information yaitu suatu situasi dimana satu pihak yang terlibat dalam kesepakatan keuangan memiliki informasi yang lebih akurat dibanding pihak lain.
Contohnya, pihak pemberi pinjaman (kreditur) pada umumnya tidak memiliki cukup informasi sehubungan dengan keuntungan dan kerugian potensial dari suatu proyek investasi yang direncanakan oleh pihak peminjam (debitur). Sehingga NPL lebih sulit diperkirakan / ditekan. Masalahnya adalah pada sebelum kesepakatan atau sesudah kesepakatan keuangan.
Sebelum kesepakatan pihak peminjam (debitur) berusaha mendapatkan kredit dengan bunga yang tinggi sekalipun dengan rencana bisnis / persyaratan yang dibuat sedemikian rupa, namun pinjaman ini selanjutnya diinvestasikan dalam program bisnis dengan yield dan kwalitas yang lebih rendah. Sebaliknya sesudah transaksi pihak pemberi pinjaman (kreditur) menerima resiko dari pihak peminjam (debitur) sehubungan dengan moralnya. Bisa saja pinjaman yang sepertinya aman dengan resiko rendah diinvestasikan pada proyek high yield investment program. Bagaimana pihak BI mengawasi fenomena ini ? Apakah kita ingin kembali ke situasi krisis seperti dahulu ? Bagaimana nature dari IKM ? mohon komentar …

Pos ini dipublikasikan di Ekonomi Makro. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s