Etika mengenai pematokan harga, diskriminasi harga, dan predatory pricing

Misalnya, di toko-toko/supermarket ada harga "biasa" yang ditinggikan, kemudian mengumurnkan "obral" atau "diskon sampai 70%" pada harga yang mendekati harga sehari-hari sebelumnya.
Bagaimana jika penjual menawarkan persyaratan harga yang berbeda untuk orang yang berbeda dalam kelompok perdagangan yang sama. Misalnya menjual dalam jumlah besar …?? Atau menjual murah pada kerabatnya, kroninya, sukunya kemudain dijual dipasar lebih mahal lagi ??? Atau menjual di bawah biaya dengan maksud menghancurkan persaingan. Bagaimana komentar anda ….??

Pos ini dipublikasikan di Seri Etika Pemasaran dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Etika mengenai pematokan harga, diskriminasi harga, dan predatory pricing

  1. unta berkata:

    say pernah menonton salah satu film yang temanya seperti postingan ini. ceritanya tentang suatu supermarket yang dibangun di tengah” suatu pasar tradisional. pada awalnya memang si supermarket memonopoli karena harganya miring, tapi kemudian pasar tradisional melawan dengan membentuk serikat dagang sehingga dapat memberikan bonus” yang menarik. kemudian akhirnya terjadi perang harga. nah karena perang harga kedua pihak sama” susah, akhirnya kedua belah pihak bernegosiasi untuk berbagi pangsa pasar. memang harga biasanya menjadi faktor utama di persaingan, tetapi faktor lain seperti VAS bisa menjadi daya saing yang tidak kalah penting.

  2. Novianto berkata:

    Wah kalo begitu benar-benar akal2an aja donk. ndak benar tuh

  3. Day berkata:

    Dalam kajian ekonomi, hal tersebut merupakan transaksi dalam hubungan istimewa dgn tujuan akhir adalah memperoleh keuntungan yang semakin besar. Saya tidak setuju dgn transaksi model ini karena secara umum akan merugikan konsumen pada akhirnya. namun adakalanya transaksi hubungan istimewa menguntungkan konsumen dan merugikan kompetitor, namun bgmnpun juga transaksi seperti ini merupakan bentuk persaingan yang tidak sehat.
    Info harga mobil, please visit web mobil bekas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s