Makna matematika lambang kerajaan Majapahit menurut hemat saya.

arok arts budha drama dyah empires gadjah gajah gajahmada gold hindu history hotel indonesian kali kebudayaan kemerdekaan ken kerajaan kertanegara king kingdom kingdoms kresna kutai mada mahapatih majapahit makam malaya martial mojopahit nasional naskah of pahlawan palapa pasai patih pedang perang peristiwa pitaloka prasasti rengasdengklok samudra sejarah shangrilla silat silsilah singhasari singosari songo sriwijaya story sumpah sunan surya tarumanegara the theme tokoh wali wiki wikipediaSatu Lingkaran Luar Terdiri dari Delapan Sektor. Satu lingkaran dalam juga terdiri dari delapan sektor, tapi dengan pergeseran fasa. Jika satu lingkaran = 360o maka satu sektor adalah 360/8 = 45o. Nah dari sini saja sudah jelas adalah tahun 1945 tahun KEMERDEKAAN Indonesia. Kemerdekaan luar Indonesia dan kemerdekaan dalam Indonesia. Kemudian 8 sektor juga bisa diartikan bulan Agustus. Dan bila 8 sektor bergeser 0.5 fasa menjadi total 8 + 8 = 16 sektor. Jadi angkanya adalah 16 Agustus 1945. Ya kalau tanggal itu diramal sejak Abad XII-XV sudah relatuf sangat akurat, Tanggal 16 / 8 / 1945 yang bergeser .5 fasa menjadi tanggal 17/8/45. Paling tidak menulis dan menyiapkan Naskah Proklamasinya satu hari sebelumnya. Berarti fakta selanjutnya adalah penanggalan Majapahit mengikuti siklus Matahari, sesuai dengan Negara kita yang ada di zona tropis. Pasan saya adalah janganlah kita terputus komunikasi dengan leluhur kita, janganlah kepaten obor, janganlah nama nama kerajaan yang mulia dicomot begitu saja oleh etnis lain, kemudian dihancurkan dengan perilakunya sendiri yang busuk seperti news maker saat ini, teruslah berkreasi berinovasi memaknai artefak artefak leluhur kita.

Pos ini dipublikasikan di Logika Matematika. Tandai permalink.

3 Balasan ke Makna matematika lambang kerajaan Majapahit menurut hemat saya.

  1. cantrik bayuaji berkata:

    Ngelmu othak athik gathuk — dicocok-cocokin

  2. raden wijaya berkata:

    Saya setuju dengan penulis, KIta janganlah melupakan sejarah karena tanpa sejarah kita tidak akan pernah ada dan hidup didunia ini, dan jangan pernah melupakan leluhur karena beliau yang berjuang untuk merdeka, dan yang menitipkan negara kegenerasi penerusnya.

    • nanang bagus putranto berkata:

      saya sangat mendukungsiapapun yang menjunjung tinggi budayasejarah bangsa,di dunia ini tidak ada ilmu cocok cocokan,semua di atur yang maha kuasa,ilmu tidak ada batasnya,leluhur bangsa indonesia orang yang sangat mulia,jagalah dan hormati,gali dan fahami budaya bangsa,ingat bineka tunggal ika tan hana man aruah, jangan sampai di hina bangsa lain,SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s